tag:blogger.com,1999:blog-73399968801691899732024-02-20T11:55:43.353-08:00PELAJARANERNA Whttp://www.blogger.com/profile/14739310014728817348noreply@blogger.comBlogger1125tag:blogger.com,1999:blog-7339996880169189973.post-32381137509806970342010-09-02T20:57:00.000-07:002010-09-02T20:59:26.643-07:00RPPRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)<br /><br />Sekolah : SMP <br />Kelas/Semester : VII/Satu<br />Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia<br />Standar Kompetensi : Mampu mendengarkan dan memahami serta menaggapi berbagai ragam wacana lisan: mendengarkan dan merefleksi pembacaan puisi dan memahami dongeng yang diperdengarkan<br />Kompetensi Dasar : Merefleksi pembacaan puisi<br />Indikator : Mampu menagkap isi puisi melalui penginderaan (citraan)<br />Alokasi waktu : 15 menit<br />A. Tujuan<br />Siswa mampu menangkap isi puisi melalui penginderaan <br />B. Materi<br />Macam-macam penginderaan<br />1. Penglihatan<br />Contoh: hijau daun <br />2. Pendengaran<br />Contoh: suara gemuruh<br />3. Penciuman<br />Contoh: harum melati<br />4. Perasaan<br />Contoh: hatiku telah tersayat-sayat<br />5. Perabaan<br />Contoh: tangan-tangan kasar <br />6. Gerak<br />Contoh: langkah kakinya semakin cepat<br />7. Perasa<br />Contoh: asam manis kehidupan<br />C. Metode pembelajaran<br />1. Ceramah<br />2. Pemodelan <br />3. Pemberian tugas<br />D. Langkah-langkah<br />1. Pendahuluan<br /> a. Memotivasi siswa untuk mendengarkan pembacaan puisi<br /> b. Guru menunjukkan gambar alat-alat penginderaan manusia/tubuh manusia<br /> 2. Kegiatan inti<br /> a. Siswa dan guru menganalisis puisi<br /> b. Siswa menangkap puisi melalui penginderaan<br /> 3. Penutup<br /> Siswa diberi tugas untuk mencari penginderaan<br />E. Sumber Belajar<br />1. Teks puisi <br />2. Gambar alat-alat penginderaan/tubuh manusia<br />F. Penilaian<br />Teknik : tes tertulis<br />Bentuk instrumen : uraian<br />Contoh soal: <br />Carilah 2 puisi dan tentukan penginderaannya! <br />Skor<br />No Keterangan skor<br />1 Siswa menyebutkan 7 macam 10<br />2 Siswa menyebutkan 6 macam 9<br />3 Siswa menyebutkan 5 macam 8<br />4 Siswa menyebutkan 4 macam 7<br />5 Siswa menyebutkan 3 macam 6<br />6 Siswa menyebutkan kurang dari 3 macam 5<br /><br />Surakarta, Juli 2010<br />Mengetahui, Guru Mata Pelajaran<br />Kepala Sekolah<br /><br />Siti Maryani Ernawati<br />NIPERNA Whttp://www.blogger.com/profile/14739310014728817348noreply@blogger.com0